Selasa, 08 Juni 2010

SRIKAYA 
(Annona squamosa)




1. General
         Srikaya adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona, merupakan pohon buah-buahan kecil yang berasal dari daerah tropis, ditanam di pekarangan, dibudidayakan. Tinggi pohon bisa mencapai 8 m. Daunnya berselang, sederhana, lembing membujur. Bunga muncul dalam tandan sebanyak 3-4, berwarna kuning-hijau berbintik ungu. Tumbuhan yang asalnya dari Hindia Barat ini akan berbuah setelah berumur 3-5 tahun. 

2. Bunga dan Buah
Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak. Daging buahnya berwarna putih dan berbiji banyak. Rasa daging buahnya manis, kental dan terasa seperti bergula. Walaupun orang banyak membeli buah srikaya untuk dikonsumsi, namun ternyata hampir semua bagian dari srikaya dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkannya.

3. Manfaat
Bermula dari buah. Srikaya kaya energi makanan dan merupakan sumber zat besi yang baik. Buah muda dapat digunakan untuk mengatasi diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan. Akar pohon srikaya rasanya pahit dan berkhasiat sebagai anti-radang dan antidrepresi. Selain itu akarnya, dengan pengolahan yang tepat, juga digunakan untuk sembelit dan nyeri tulang punggung.
Daunnya terasa pahit dan kelat. Daun srikaya berkhasiat sebagai astringen, anti-radang, peluruh cacing usus, serta mempercepat pemasakan bisul dan abses jika digunakan untuk obat luar. Tak hanya itu, daunnya juga berkhasiat sebagai obat batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, diare, dan disentri. Biji berkhasiat memacu enzim pencernaan, sehingga baik untuk mengobati pencernaan yang lemah. Biji juga dapat meluruhkan cacing, mematikan kutu kepala, dan serangga. Sedangkan kulit kayunya berkhasiat sebagai astringen dan tonikum. Dalam pengobatan, kulit kayu srikaya dapat digunakan untuk mengobati diare dan disentri.
Meski tanaman srikaya membawa banyak manfaat, namun ternyata biji, kulit kayu, dan akarnya juga mengandung racun, sehingga memerlukan pengolahan dari seorang herbalis atau ahli yang berpengalaman untuk menghilangkan efek racunnya. Khusus untuk ibu hamil, sebaiknya menghindari minum rebusan biji buah srikaya.

4. Jenis yang kami miliki 
  • Srikaya Ausie
  • Srikaya Pineapple
  • Srikaya New Varietas 
  • Srikaya Merah 
  • Srikaya Lokal 

0 komentar:

Posting Komentar