Selasa, 08 Juni 2010

LENGKENG 
( Dimocarpus longan)



1.General
      Buah lengkeng berbentuk bulat dengan ukuran kurang lebih sebesar kelereng Buah ini bergerombol pada malainya. Kulit buahnya berwarna cokelat muda sampai kehitaman dengan permukaan agak berbintil-bintil. Daging buahnya berwarna putih bening clan berair. Rasanya sangat manis dengan aroma harum yang khas. Bijinya berbentuk bulat, terdiri dari dua keping, dan dilapisi kulit biji yang berwarna hitam. Daging bijinya sendiri berwarna putih, mengandung karbohidrat, sedikit minyak, dan saponin.

2. Macamnya
Kelengkeng dataran rendah antara lain :
  • Kelengkeng Hawae 
  • Kelengkeng Satu Jari  
  • Kelengkeng Pingpong (Pingpong Vietnam, Pingpong Thailand, Pingpong Bhuto dll) 
  • Kelengkeng Cristalin 
  • Kelengkeng Diamond (Diamond River, Jendral dll)
  • Kelengkeng Aroma Durian 
  • Kelengkeng Puangrai 

3. Syarat Tumbuh  
          Lengkeng lebih cocok ditanam di dataran rendah antara 0-400 m dpl. Air tanah antara 50-200 cm. Curah hujan 1.500-3.000 mm per tahun dengan 9-12 bulan basah dan 2-4 bulan kering. Sementara lengkeng dataran tinggi hanya berbuah di dataran tinggi antara 900-l.000 m dpl.

4. Pedoman Budidaya
        Perbanyakan tanaman dilakukan dengan sambung susu, okulasi dan cangkok. Perbanyakan dengan biji tidak dianjurkan karena umur berbuahnya cukup lama (lebih dari tujuh tahun). Selain itu, bibit dari biji sering tumbuh menjadi lengkeng jantan yang tidak mampu berbuah. Bibit sambung pucuk, okulasi, cangkokan mulai berbuah pada umur satu sampai empat tahun, cepat tidaknya berbuah itu ditentukan oleh batang atas/entres dari induk lengkeng yang dipakai, apabila batang atasnya dari induk lengkeng yang sudah berbuah maka besar kemungkinan bibit-bibit baru hasil perbanyakan vegetatif tsb cepat berbuah. Budi daya tanaman Lengkeng ditanam pada jarak tanam 8 m x 10 m atau 10 m x 10 m dalam lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm. Setiap lubang diberi pupuk kandang yang telah matang sebanyak 20 kg. Pupuk buatan yang diberikan sebanyak l00-300 g urea, 300-800 g TSP (400- 1000 kg SP-36), dan l00-300 g KCl untuk setiap tanaman. Pupuk diberikan tiga kali dalam selang tiga bulan. Setelah panen buah, pemberian pupuk cukup sekali sebanyak 300 g urea, 800 g TSP, dan 300 g KCl per pohon.

5. Pemeliharaan  
     Pemeliharaan penting dilakukan bagi pohon kelengkeng, salah satunya adalah pemangkasan cabang yang tidak produktif dan ranting-ranting yang menutupi kanopi. Dengan demikian, sinar matahari dapat masuk merata ke seluruh bagian cabang. Tumbuhan parasit (benalu) harus cepat dibuang. Biasanya,tanaman ini berbunga pada bulan Juli-oktober.

6.Manfaat
        Daging lengkeng enak dimakan segar dan dapat dibuat minuman dalam kaleng (canning). Bijinya mengandung saponin yang baik untuk sampo pencuci rambut. Daunnya biasa digunakan untuk obat tradisional terhadap penyalat dalam karena mengandung quercetin. Pohonnya dapat digunakan untuk kayu bakar seperti halnya pohon rambutan. Selain itu, tanaman lengkeng bermanfaat untuk taman, pelindung jalan, dan konservasi lahan yang curam.


Bibit Klengkeng Sambung Susu Ukuran 1 M - Up


Bibit Klengkeng






Kumpulan Bibit Klengkeng Puangrai


Bibit Klengkeng Cristalin Sambung Susu 


Bunga  Klengkeng Diamond River


7. Harga
Kisaran Tinggi 1 Meter

  • Klengkeng Hawae : 80.000
  • Kelengkeng Satu Jari : 55.000
  • Klengkeng Pingpong : Rp. 50.000
  • Klengkeng Cristalin : Rp. 50.000
  • Klengkeng Diamond River : Rp. 50.000
  • Klengkeng Aroma Durian : Rp. 55.000
  • Klengkeng Puangrai : Rp. 55.000



0 komentar:

Posting Komentar