Jumat, 06 Desember 2013

MANGGA CHOKANAN
( Mangifera indica )



1. General

Mangga Chokanan merupakan mangga introdusi Negeri gajah putih (Thailand). Chokanan memiliki rasa khas yang tidak dimiliki oleh mangga-mangga lainnya, dan jika kita makan disaat matang tepat maka rasa manisnya itu seperti madu, oleh karenanya banyak juga orang yang menyebut mangga madu untuk mangga yang satu ini. Di negara asalnya, masyarakat thailand biasa makan mangga chokanan dengan ketan.

      Budidaya mangga ini sangat mudah, ia merupakan mangga yang rajin berbuah, walaupun di tabulampot, tapi akan lebih prospektif lagi jika mangga ini ditanam di lahan terbuka, disamping buahnya yang bisa dibilang tak kenal musim, percabangannya pun indah untuk dilihat, seperti mangga lalijiwo. Apabila entres mangga dari perbanyakan bibit okulasi maupun sambung susu sudah tua, maka kisaran 4-7 bulan bibit hasil sambungan tersebut sudah berbunga, walaupun bibit masih kecil. 

             Buah Chokanan apabila sudah matang akan berwarna kuning cerah, sangat elok untuk dilihat, disamping aromanya yang wangi. Untuk menghasilkan buah yang berkualitas baiknya saat berbuah mangga ini dibungkus dengan kertas buah tujuannya agar bisa menghasilkan warna kuning yang sempurna dan bisa melindungi buah dari guyuran hujan yg bisa menyebabkan karat pada kulit buah. pemupukan juga mesti rutin dilakukan agar buah yang dihasilkan semakin baik.














0 komentar:

Posting Komentar