Senin, 01 April 2013


MIRACLE FRUIT/BUAH AJAIB

 ( Synsepalum dulcificum ) 



Deskripsi :

Pohon ini berasal dari Ghana-Afrika barat, masih sekerabat dengan keluarga sawo –sawoan. Memang apanya yang ajaib dari buah ini? Selidik demi selidik ternyata buah ajaib ini mampu mengubah rasa asam menjadi manis. Suatu pengalaman tak terlupakan, saat kita memakan buah yang mempunyai nama latin Synsepalum dulcificum. Hal ini terjadi karena senyawa glycoprotein rantai panjang bernama miraculin yang terdapat dalam buah ajaib ini akan melapisi penginderaan masam lidah kita, sehingga Lemon yang kita makan akan berasa seperti Lemonade. Sensasi manis ini akan bertahan selama setengah sampai beberapa jam kedepan. 
Tanaman Miracle Fruits ini memang lamban dalam pertumbuhannya, usia tanaman yang sudah mulai berbuah jika perbanyakannya melalui biji sekitar 3 tahun. Miracle fruit adalah pohon kecil dengan pertumbuhan  yang sangat lambat. Untuk tumbuhan berumur 10 tahun hanya 120-150 cm. Dibutuhkan 30-40 hari dari bunga sampai buah matang. tapi biarpun lambat dalam pertumbuhannya, tanaman ini cocok sekali jika dibuat bonsai. 

Manfaat :
  1. Buah ini baik untuk Penderita Kanker. Umumnya seseorang yang menderita kanker ada gangguan rasa dilidahnya, oleh karenanya dengan buah ajaib ini bisa membantu penderita kanker tetap bisa merasakan rasa asli dari makanan yang ia makan.
  2. Membantu Diet. Rasa manis yang ditimbulkan oleh buah ajaib ini tidak menyebabkan gemuk, sehingga bagi orang-orang yang ingin tetap menikmati rasa manis tapi tidak ingin gemuk, ya makan buah ajaib kuncinya.   

Macamnya :  
1.  Synsepalum dulcificum, yang mempunyai daun lebih kecil (bentuk daun runcing), jenis ini merupakan tanaman kecil.  

2.  Synsepalum subcordatum, jenis ini ditandai dengan daun yang lebih lebar, dan tumbuh sebagai pohon kecil. dengan ukuran buah yang lebih besar.


0 komentar:

Posting Komentar