Rabu, 11 Agustus 2010

CLIMBING FIG/DOLLAR RAMBAT 
( Ficus Pumila )

 

1. Deskripsi
      Climbing Fig aka Water Creem aka Dollar Rambat merupakan salah satu tanaman yang sifatnya merambat, tanaman ini berdaun kecil dan mempunyai akar yang kuat, dapat menempel di tembok atau bahkan pada tanaman kayu yang masih hidup. Tanaman ini biasanya banyak digunakan orang sebagai cover tembok yang belum dihaluskan, sehingga tembok terkesan alami dan cerah dipandang mata (hijau). Tanaman yang satu ini banyak ditanam di perumahan – perumahan karena dipandang dari segi estetikanya.

2. Perawatan
 
              Climbing Fig bukanlah jenis tanaman yang susah untuk ditanam serta perawatannya. Untuk tahap awal, usahakan tanam bagian bawahnya dengan baik dan kalau Anda ingin merambatkan tanaman ini di tembok, maka ujung tanaman water creem harus ditempelkan di tembok sampai keluar akar dari batang sehingga tanaman bisa kuat menempel di tembok (bisa pakai potongan bambu sebagai bantuan penahan agar menempel ditembok). Agar tanaman ini merata, usahakan sering memangkas bagian ujungnya agar tumbuh beberapa tunas baru yang nantinya akan tumbuh merata sambil diarahkan sesuai yang kita inginkan. Adapun mengenai penyiraman kondisikan layaknya tanaman biasa. Agar tanaman water creem tetap sehat dan subur maka lakukanlah pemupukan, cukup gunakan pupuk kandang/NPK saja.

3. Manfaat 
Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari tanaman climbing fig ini, antara lain:
  • Umumnya di perumahan tanaman ini biasa dipakai sebagai cover tembok yang belum diratakan, sehingga membuat tembok terkesan natural dan alami.
  • Dapat digunakan sebagai hiasan dinding rumah baik depan maupun belakang, karena tanaman ini dapat dibentuk – bentuk sesuai dengan keinginan kita (bisa berbentuk huruf / bentuk lainnya ).
  • Sumber oksigen dari daun – daunnya yang rimbun serta saling berhimpitan.
  • Sebagai penguat tembok, karena akar – akar climbing fig bisa masuk ke celah tembok, oleh karenanya tembok menjadi kuat dan tidak ambrol, berbeda ketika tembok yang belum dihaluskan tidak dirambati climbing fig, maka yang akan terjadi tembok tersebut cepat rapuh dikarenakan hujan dan panas matahari sepanjang waktu.
Bibit Water Creem/Climbing Fig dalam polybag







  












Bibit Water Creem usia 1 bulan



















1 komentar:

sukarmo mengatakan...

Tanaman rambat saya daunnya kok makin kecil ya tidak seperti waktu belum merambat, bila di beri pupuk tanah nya saja ato juga yg di dinding mohon infonya

Posting Komentar